Ajak Anak Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini dengan Ruangguru

Bahasa Indonesia memang salah satu media komunikasi verbal yang biasa digunakan sehari-hari. Sayangnya, saya sebagai orang dewasa menyadari bahwa bahasa asing juga penting terutama bahasa Inggris untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Sejak awal saya dan suami saya mendiskusikan panjang lebar perihal pendidikan anak-anak kami kelak. Tak terkecuali masalah pendidikan bahasa inggris. Entah mengapa pengalaman saya dulu, membuat saya merasa perlu memupuk kebiasaan bahasa asingnya dengan belajar Bahasa Inggris sejak dini.

Dari diskusi saya dengan suami, awalnya kami sepakat untuk mengajari Bahasa Inggris pada anak-anak secara mandiri. Maksudnya, saya dan suami terjun langsung untuk memperkenalkan Bahasa Inggris dari pembendaharaan kata yang mudah, seperti thank you, good morning, dan sorry. Kemudian tak berselang lama, kami berdua menyadari bahwa kesibukan kami justru menghambat anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris lebih jauh. Karena dari beberapa kesempatan, anak-anak terlihat antusias untuk memahami arti dalam percakapan bahasa inggris di layar kaca.

Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami berdua yang notabenenya adalah orang tua karir. Saya berdiskusi sana-sini dengan rekan kantor dan Suami juga mulai bertanya sana-sini perihal bimbingan belajar khusus Bahasa Inggris. Dari hasil bertanya sana-sini, kami menemukan satu solusi yang sama yaitu mencoba belajar bahasa inggris dengan ruangguru.com. Beberapa teman kami menyarankan ruangguru.com karena katanya ruangguru menyediakan banyak fasilitas belajar yang lengkap dari aplikasi belajar hingga penyediaan guru privat. Dengan tawaran begitu, siapa yang tidak tergiur? Saya sama suami, langsung yes!

Tetapi sebelum kami memutuskan untuk memakai jasa ruangguru, tentu saja ada diskusi alot di sana. Karena tawaran yang diberikan ruangguru beragam, kami dan anak-anak sempat berbeda pendapat. Saya dan suami yang memang masih berpikiran konservatif mengira bahwa pilihan produk terbaik adalah mendatangkan guru privat ke rumah. Namun rupanya anak-anak lebih memilih untuk menggunakan pembelajaran kekinian yaitu belajar bahasa inggris melalui aplikasi ruangguru. Kami sebagai orang tua tentu khawatir, apakah pembelajaran demikian bisa efektif untuk buah hati kami. Tetapi singkat cerita, kami sepakat untuk menggunakan kedua produk tersebut. Ya, jalan tengahnya adalah demikian.

Selama kurang lebih 6 bulan, anak kami belajar Bahasa Inggris dengan ruangguru. Kami melihat banyak perubahan besar di grammar dan pronounciation. Terlebih si Sulung sudah mulai bisa memahami percakapan Bahasa Inggris di channel berita luar negeri. Ternyata memang keputusan kami memilih ruangguru adalah keputusan yang tepat. Sebab, setelah saya perhatikan pembelajaran melalaui aplikasi itu jauh lebih efektif. Alasannya karena memang perkembangan generasi Z saat ini lebih terpaku pada layar gadget.

Dengan satu aplikasi saja, anak-anak bisa belajar Bahasa Inggris. Dan yang menarik, mereka bisa mengakses modul-modul dan latihan soal yang beragam dari satu aplikasi saja. Nah, untuk meningkatkan pemahaman anak-anak bisa dengan mendatangkan guru privat ke rumah juga. Sejauh ini, saya dan suami puas dengan pelayanan ruangguru. Sebab kemampuan Bahasa Inggris anak-anak menjadi meningkat dan mereka semakin suka Belajar Bahasa Inggris.